Penjelasan Android dan keunggulannya setiap versinya /* Permalink */ .permalinklanonadio {margin-top:1em;border: 2px dotted #9ecfff;padding: 5px;background:#edf6ff;-moz-border-radius:5px;color:#000000; font-family:'Segoe UI', Calibri, 'Myriad Pro', Myriad, 'Trebuchet MS', Helvetica, sans-serif;} .permalinklanonadio p {margin:1px;}

Mar 14, 2013

Penjelasan Android dan keunggulannya setiap versinya

Android adalah sistem operasi untuk telepon selular yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.
Android ini pun dari perkembangannya ada beberapa jenisnya antara lain seperti android versi 1.1, android versi 1.5, eclair, froyo, gingerbread, dll.
Mungkin kalian belum mengetahui apa itu android versi 1.1, android versi 1.5, android eclair, froyo, gingerbread dan masih banyak lagi yang lainnya. Sehingga terkadang bagi orang awam seperti saya bingung apa sih bedanya jenis-jenis os android tersebut.
Mungkin bahasan sedikit dibawah ini dapat membantu kalian membedakannya sama seperti saya juga :
1. Android Versi 1.1
Android versi ini diluncurkan oleh Google pada tanggal 09 Maret 2009, dimana android versi ini dilengkapi dengan pembaharuan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.
Motorola Flipout Unlocked GSM Quad-Band Android Phone with Bluetooth, Camera, QWERTY Keyboard and Wi-Fi - Unlocked Phone - US Warranty - Black



Google pada pertengahan Mei 2009, kembali merilis telepon selular menggunakan android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Di versi ini terdapat beberapa pembaruan termasuk penambahan beberapa fitur seperti kemampuan merekan dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke youtube dan gambag Picasa langsung dari telepon, dukungan bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem. HTC G1 Google Android Unlocked Phone with Android OS, Wi-Fi, Bluetooth, 3MP Camera, MicroSD Expansion - Unlocked Phone - US Warranty - Black
3. Android Versi 1.6 (Donut)
Versi ini dirilis pada Bulan September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibandingkan sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan di hapus, kamera, camcorder dan galeri yang diintegrasikan, CDMA/EVDO, 802.1 x, VPN, Gstures, dan Text-to-speech engine, kemampuan dial kontak, teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel), pengadaan resolusi VWGA.
Sony Ericsson XPERIA X10 Unlocked GSM Smartphone with 8 MP Camera, Android OS, Touch Screen, Wi-Fi and GPS--International Version with No Warranty (White)
4. Android Versi 2.0/2.1 (Eclair)
Pada 3 Desember 2009 diluncurkan kembali ponsel Android versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah mengoptimalkan hardware Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital zoom, dan bluetooth 2.1.
Motorola Milestone Droid Unlocked Touchscreen Phone with 5 MP Camera, Wi-Fi, GPS and QWERTY Keyboard - Unlocked Phone - No Warranty (Black)
5. Android versi 2.3 (Froyo : Frozen Yoghurt) SONY XPERIA S
Versi ini diluncurkan pada tanggal 20 Mei 2010, perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan adobe flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, integrasi V8 Javascript engine yang dipakai google chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto apdate dalam aplikasi android market. (MODEL TERBARU SONY XPERIA S)
New Sony Xperia S Lt 26i 32gb 4.3" 1.5 ghz 12 mp Black Android 2.3 Factory Unlocked Black
6. Android Versi 2.3 (Gingerbread)
Pada 6 Desember 2010, android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya yang di dapat dari android versi ini antara lain peningkatan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka di desain ulang, dukungan format video VP8 dan webM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization dan bass boost). Dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera lebih dari satu.
Samsung i897 Captivate Android smartphone Galaxy S (Unlocked)
6. Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)

Android ini dirancang khusus untuk tablet.  Versi ini mendukung ukuran layar lebar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga ekselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. 
Motorola Xoom Quadband 3g Android Honeycomb Tablet GSM Unlocked (10.1-inch, 32gb, Wifi, 3g)

7. Android Versi 4.0 (ICS : Ice Cream sandwich)

Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011 membawa fitur honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotograpi, mencari email secara offline dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.
Samsung GT-i9250 Galaxy Nexus Unlocked Smartphone with Android OS 4.0, 16 GB Memory, Touchscreen, 5 MP Camera, Wi-Fi, and Dual-Core Processor--No Warranty (Titanium Silver)