Tips n trik Blackberry /* Permalink */ .permalinklanonadio {margin-top:1em;border: 2px dotted #9ecfff;padding: 5px;background:#edf6ff;-moz-border-radius:5px;color:#000000; font-family:'Segoe UI', Calibri, 'Myriad Pro', Myriad, 'Trebuchet MS', Helvetica, sans-serif;} .permalinklanonadio p {margin:1px;}

Mar 14, 2013

Tips n trik Blackberry

Tips n trik Blackberry yang belum Sobat ketahui. Sobat mungkin sekarang punya yang namanya Blackberry tapi cuman buat itu-itu aja padahal Blackberry mempunyai segudang fitur yang mungkin sobat sangat memerlukan tapi gak tau cara menggunakanya Banyak lho yang bisa sobat lakukan dengan Blackberry Messenger (BBM). Tips berikut untuk BB dengan aplikasi BBM versi 5 ke atas.

-Upload Foto Profile
    BBM sepertinya kurang seru kalau tidak ada foto sobat di profil. Caranya: Buka My Profile > pilih kotak foto atau add foto>pilih file foto sobat yang paling oke. Jika belum ada, ya foto dulu dengan pilih kamera. Sebelum dikrop, foto foto di zoom in/out )> Save.
-Mengganti Display Name
    Agar mudah dikenali teman, sobat bisa mengganti display name Sobat sesuai keinginan. Seperti menambahkan emoticon dan simbol-simbol unik. Caranya: Buka My Profile> tulis Display Name yang berada di sebelah kotak foto> tekan tombol Menu (BB) Save
-Memunculkan Simbol-simbol Unik Blackberry
    Untuk mempercantik Display Name Sobat-Sobat semua, bisa ditambahkan simbol-simbol unik Blackberry. Sobat bisa mendapatkannya dengan mengunjungi situs http://missgadget.info/wp-content/uploads/data/simbol-BBM.txt. Salin seluruh simbol dan paste diaplikasi memo agar bisa digunakan kapan pun Sobat mau. Atau juga bisa dipaste lewat Auto Text.
-Membuat AutoText
    BBM-an gak asik kalo Sobat gak menggunakan Auto text. Ada beberapa cara menggunakan Auto text. Manual atau otomatis. Kalau otomatis, auto text dimunculkan lewat aplikasi yang terhubung dengan BBM seperti fancychar (link aplikasi auto text http://ota.bbtran.com/list/fancychar).
    Kalau secara manual Sobat bisa mengikuti cara berikut: Buka percakapan dengan contact > block dan copy simbol yang akan digunakan> tekan tombol menu (BB)> Edit Auto Text> tekan tombol menu (BB)>New> pada tab Replace buat kata kunci untuk mengeluarkan simbol > paste simbol yang akan digunakan pada tab With> Save. Untuk mengeluarkan simbol itu, gunakan kata kuncinya.
-Menyamar di BBM
     Sobat bisa menyamar jadi orang lain/jadi artis di BBM. Caranya: Simpan foto salah satu artis atau teman Sobat (bisa diunduh lewat Google) di kartu memori. Buka My Profile> pilih kotak foto atau add foto> ganti foto profile Sobat dengan foto artis atau teman tadi. Jangan lupa, ganti nama Sobat sesuai foto artis yang Sobat download.
-Invite Teman dengan PIN
    Sobat punya BBM? Gak sah kalau Sobat gak invite teman-teman masuk daftar kontak. Caranya: Tekan tombol menu (BB)> Invite Contact > pilih “ Scan a persons barcode” > Continue > Scan Barcode yang ada di perangkat lain. Hadapkan kamera ke barcode BB teman yang akan diinvite.
-Invite Teman dengan Scan Barcode
    Selain dengan PIN, Sobat juga bisa invite teman masuk ke kontak BBM dengan men-scan barcode. Caranya: Pilih menu (BB)> Invite Contact > pilih “ Scan a persons barcode” > Continue > Scan Barcode yang ada di perangkat lain. Hadapkan kamera ke barcode BB teman yang akan diinvite.
-Menambahkan Kontak Lewat SMS
    Agar bisa menambahkan kontak teman lewat pesan teks SMS yang otomatis akan tersimpan bersama kontak BBM lain. Caranya: Pilih menu (BB)> Invite Contact > pilih “ Enter" SMS contacts name or phone number”> masukan nomor telepon dan nama > Add Contact. Gunanya, Sobat bisa berkirim SMS lewat BlackBerry Messenger. Pulsa yang digunakan, yah tetap pulsa sms. Pesan yang masuk, juga tampilannya, mirip dengan BBM-an.
-Membuat Conference
    Mau ngobrolin rahasia Sobat bareng teman? Tapi gak mau repot buat group chat? Undang teman masuk converence yang Sobat buat. Caranya: Pilih menu (BB)> pilih invite to converence > pilih kontak teman Sobat yang akan di ajak converence. Converence ini tidak permanen karena akan bubar begitu anggota converence menutup percakapan. Fiturnya juga terbatas.
-Broadcast Message
    Ingin mengabarkan sesuatu ke lebih dari satu orang? gunakan saja Broadcast Message yang cukup dengan sekali sentuh, kabar tersebar ke banyak orang. Caranya: Pilih menu (BB)> pilih Broadcast Message > tulis pesan yang akan disampaikan > pilih atau centang contact yang akan dikirimi pesan (kalo Sobat mau kirim ke semua kontak tinggal centang “all” ).
-Buat Status Message
    Gak cuma Facebook dan Twitter yang bisa buat update status. BBM juga bisa, meski ungkapanya tak bisa sepanjang kalimat di Facebook. Caranya: Buka My Profile > tulis status message > Save. Status Sobat juga bisa dihiasi dengan emoticon yaitu dengan menekan tombol menu (BB)> add smileys.
-Mengirim Gambar ke Kontak
    Gak perlu ngabisin banyak pulsa buat ngirim gambar lewat MMS. Dengan BBM juga bisa ngirim gambar. Tapi hanya ke kontak teman BBM. caranya: Pilih kontak yang Sobat mau kirimin gambar > Pilih menu (BB)>pilih menu Send > Send picture > pilih foto yang mau Sobat kirim >Send
-Back up kontak BBM
    Jangan takut kehilangan kontak teman-teman BBM agan. Backup aja. Ini caranya: Buka Aplikasi BBM > Pilih menu (BB)>Pilih Option > Pilih “back up”. Ada 2 mode untuk back up kontak BBM. Backup files remotely dan Backupfiles locally. Backup files remotely adalah back up kontak BBM Sobat dengan cara meregistrasikan akun email milik Sobat untuk dihubungkan secara otomatis ke server RIM. Sedang Backupfiles locally ialah menyimpan kontak di eksternal memori ponsel.
-Membuat Kategori Kontak
    Biar mudah mencari kontak BBM, ada baiknya Sobat membuat kategori kontak berdasarkan status teman. Seperti teman sekolah,keluarga, teman kantor, pacar. Caranya: Buka list kontak teman- teman Sobat > tekan menu (BB)>Add Category > beri nama kategori sesuai keinginan Sobat > Pilih kontak teman yang mau dimasukan kategori.
-Akses Kontak Secara Cepat dari Homescreen
    Salah satu cara mudah mengakses kontak, tanpa harus repot-repot masuk ke aplikasi BBM, kalau Sobat mau mengirim pesan BBM. Caranya: Buka Aplikasi BBM > tentukan kontak yang akan dipilih > tekan menu (BB)>pilih Show In Home Screen.
-Menyisipkan Emoticon Saat Chatting
    Untuk meng-ekspresikan emosi, pakai aja emoticon yang tersedia di BBM Sobat. Caranya: Saat chatting berlangsung > tekan tombol menu (BB)> Add Smiley > pilih Emoticon.
-Mengecek Kondisi Kejiwa'an
    Agar Blackberry Sobat bisa mengecek kondisi kejiwaan seseorang. Caranya: Buka homescreen Sobat > tekan 4*3* > tempelkan Blackberry ke jidat orang yang akan di cek kondisinya > tekan huruf “P” > lihat hasilnya.
-PING!!! Contact
    Gak beda jauh dengan YM, BBM juga punya fitur BUZZ yang diberi nama PING!!! Untuk manggil teman Sobat. Saat chatting berlangsung > tekan tombol menu (BB)>Ping Contact
-Ganti Nama Kontak Teman
    Mencari kontak di BBM, lebih cepat dengan menekan huruf awal nama teman setelah membuka menu BBM. kalau temen Sobat menggunakan huruf atau simbol yang aneh di awal namanya, jelas menyulitkan. Ganti saja dengan nama sebenarnya. Caranya: Buka menu (BB)>View Contact Profile, lalu ganti displai namenya.
-Mencuri Foto Profile Teman
    Sobat

bisa mengambil foto sesuka hati Sobat dan menyimpannya di Blackberry. Ini caranya: Buka Aplikasi BBM > pilih kontak yang mau di ambil fotonya > buka profile kontak teman> klik foto profile teman> tekan tombol menu (BB) > save image. -Menghapus Kontak BBM
    Pilih kontak yang akan dihapus>tekan tombol menu ( BB) > pilih Delete contact. Kalau Sobat gak mau terima lagi invite dari teman yang akan didelete, ignore future invitation bisa di centang > lalu pilih delete. Temen Agan itu terdelete secara permanen.
-Mengaktifkan History Chatting / Percakapan
    Tinggal aktifkan fitur ini. Buka Aplikasi BBM > Pilih menu (BB ) >Option >Save message history > On >save . Semua ringkasan chatting dengan teman Sobat akan langsung disave di memori eksternal. Sobat bisa membaca kembali dengan cara: Buka kontak teman>View Recent Message.
-Meng-copy Hasil Chatting / Percakapan
    Men-copy semua hasil percakapan dan menyimpannya secara manual. Ini caranya: Buka Aplikasi BBM> buka percakapan Sobat dengan teman BBM > Pilih menu ( BB) >pilih copy chat> paste ke tempat di mana mau ditempatkan.
-Meng-email Hasil Chatting / Percakapan
    Mau mengirim semua hasil percakapan Sobat via email? ini caranya: Buka Aplikasi BBM> buka percakapan dengan teman BBM > tekan tombol menu (BB ) > pilih Email chat> Agan akan langsung di bawa ke aplikasi email> masukan alamat yang dituju> Send.
-Mengirim Gambar
    Kini dengan BBM Sobat bisa mengirim gambar atau foto ke teman BBM. Caranya: Buka Aplikasi BBM> buka kontak teman yang agan mau kirimi > tekan tombol menu ( BB) > send > send file > pilih gambar yang Sobat mau kirim > beri judul > Send.
-Mengirim File Musik, Video dan Dokumen
    Gak cuma gambar yang bisa Sobat kirim. Musik, video dan dokumen juga bisa dikirim via BBM ke teman BBM. Caranya: Buka Aplikasi BBM> buka kontak teman yang agan mau kirimi > tekan tombol menu (BB ) > Send > send file > pilih file yang Sobat mau kirim > beri judul > Send.
-Mengirim Lokasi Tempat
    Mengirim lokasi di mana Sobat berada. Caranya: Buka Aplikasi BBM> buka kontak teman yang Sobat mau kirimi > tekan tombol menu (BB ) > send > Send location.
-Mengirim Pesan Suara
    Cukup membantu sa'at nyopir jadi gak repot ngetik pesan. Caranya: Buka Aplikasi BBM> buka kontak yang Sobat akan kirim pesan suara >Tekan menu (BB ) > send voice note > start / record suara > send
-Mengganti Tampilan Percakapan di Kontak
    Bosan dengan tampilan yang begitu-begitu aja? Sobat bisa menggantinya dengan cara: Buka Aplikasi BBM> Tekan menu (BB ) > pilih Option> pada kolom chat pilih conversation style> Ada tiga pilihan tampilan seperti bubbles, stripes, standard.
-Menghilangkan Ikon Notifikasi BBM Nyangkut di Homescreen
       Ada 2 cara menghilangkannya:
1-Hapuskan semua “ignored contacts” di contact list BBM dengan cara: Buka aplikasi BBM > Tekan menu (BB ) > pilih option > pilih Ignored Contacts > lalu pilih Edit > centang semua contacts PIN > pilih “OK” > restart Blackberry Sobat. Bagi yang tidak pernah ignore contact, tidak akan ketemu option tersebut, abaikan langkah ini.
2-Matikan BlackBerry dan cabut baterai, lepaskan kartu sim. Setelah itu pasang kembali baterai Sobat tanpa kartu sim. Biarkan BlackBerry loading tanpa kartu sim. Kini buka aplikasi BlackBerry Messenger dan akan keliatan apa penyebab nyangkutnya pesan BBM yang tidak keliatan itu.
-Perlihatkan Lagu yang Sobat Mainkan
    Capek nulis status? Sobat bisa otomatis meng-update status BBM tanpa repot-repot nulis di status message. Dengan mengaktifkan fitur “show what im listening to” otomatis akan memperlihatkan musik atau video apa yang sedang Sobat putar. Buka Aplikasi BBM> Pilih menu (BB )>My profile > centang “show what im listening to” > Save
-Ganti Ringtone BBM
    Sobat mau membedakan ringtone BBM dengn aplikasi lainnya? Ikuti cara ini. Buka fitur menu sound yang ada di list menu> edit profile> pilih profile yang Sobat gunakan > instant messaging > Blackberry new Message > setting semuanya sesuai keinginan Sobat > save.
-Membuat Group Chat
    Ingin ngobrol atau diskusi dengan teman kantor atau teman tertentu bersama lima orang atau lebih? Sobat bisa membuat group chat yang tidak hanya untuk chatting, tapi juga men-share gambar, membuat list aktivitas, dan membuat jadwal pertemuan di group kalendar, sesuai keinginan. Caranya: Buka Aplikasi BBM> Pilih menu (BB )> Create new group> beri nama group> create group. Invite Contact Masuk Group Undang semua teman buat gabung di group biar bisa ngobrol bareng dan melakukan aktivitas lain. Caranya: Buka Aplikasi BBM> buka group yang sudah dibuat> Group activity> Members > Invite A new member> pilih mode invite dengan PIN, scan barcode atau dengan memilih kontak yang ada di list BBM.
-Share Gambar di Group
    Sobat punya gambar yang unik dan lucu buat dikomentarin? Share aja di group BBM agar bisa dinikmati anggota group. Caranya: Buka Aplikasi BBM> buka group yang sudah dibuat> Group activity > Pictures> share picture> pilih gambar yang mau Sobat share di group> send
-Meninggalkan / Menghapus Group BBM
    Mau menghapus group BBM di Blackberry? Ini caranya: Buka Aplikasi BBM > Buka group yang akan dihapus > klik tombol menu (BB ) > leave group kalau mau masuk lagi di group, pastikan teman Sobat mengundang masuk kembali ke group BBM.
-Melihat Profile Group
    Melihat profile atau menyetting group yang Sobat buat atau Sobat masuki? Ini caranya. Buka Aplikasi BBM > Buka group > klik tombol menu (BB ) > Group Details
-Agar BBM Group Chat Tidak Lemot
    Biasanya setelah gabung di Group Chat BBM, Blackberry kadang menjadi lemot atau hang. Apalagi kalau ditambah dengan ikut di banyak Group Chat. saya puunya trik, agar BBM Sobat gak lemot:
1-Nonaktifkan Display Music Updates. Display musik update adalah history dari teman dikontak Sobat yang mengaktifkan fitur Show Music Update pada status. Buka Aplikasi BBM> klik tombol menu (BB ) > pilih Option > Show Recent Updates> None> untuk Group Recent Updates From Same Contact/Group dan Display Music Updates From Contacts tidak usah di centang kolomnya> Save.
2-Nonaktifkan chatting History. Ini adalah salah satu fitur yang membantu Sobat melihat percakapan group, tapi fitur ini juga yang bisa menghabiskan memori telepon yang secara otomatis membuat BBM lemot. Cara menonaktifkan: Buka Aplikasi BBM > buka group Sobat > klik tombol menu (BB ) > cari dan pilih Group Details> set kolom save message history jadi off>Save
3-Nonaktifkan Save Picture. Di group BBM Sobat bisa share gambar, foto dan dikomentari bersama anggota group. Semua gambar di group otomatis disimpan di Blackberry. Setting fitur ini agar BBM tidak lemot. Caranya: Buka Aplikasi BBM > buka group Sobat > klik tombol menu (BB ) > cari dan pilih Group Details> set kolom save picture menjadi Media card jika tetap ingin menyimpan semua gambar di memori eksternal atau set kolom save picture menjadi Off kalau tidak ingin menyimpan gambar yang dishare. Gambar akan otomatis terhapus setelah dishare.
-Mengganti Ringtone Group BBM
    Ringtone group BBM bisa dibuat berbeda dengan ringtone kontak biasa. Caranya: Buka fitur menu sound yang ada di list menu> Edit Profile> pilih profile yang Sobat gunakan> instant messaging> Blackberry Messenger Groups> setting semuanya sesuai keinginan> Save.

Demikian Tips n trik Blackberry yang belum Sobat ketahui semoga membantu.